SELAMAT DATANG TIM PENILAI TINGKAT NASIONAL LOMBA EVALUASI 10 PROGRAM POKOK PKK (ADMINISTRASI PKK) TINGKAT NASIONAL TAHUN 2013 TANGGAL 9 APRIL 2013
  HomeBeritaGaleryBuku TamuKontak KamiDownload
Rabu, 3 September 2014
 
 
 
Menu Utama
Sambutan
Profil Ketua
Struktur Tim
Visi dan Misi
10 Program PKK
Tugas dan Fungsi
Program Kerja
Jadwal Kegiatan
Data Hasil Kegiatan
Kegiatan
Link Website
CSS Menu - Vertical
Pemkab Pacitan
PKK Pusat
Email Pemkab Pacitan
TP PKK Kec. Punung
TP PKK Desa Punung
TP PKK Kecamatan Pacitan
TP PKK Kecamatan Donorojo
TP PKK Kecamatan Pringkuku
TP PKK Kecamatan Kebonagung
TP PKK Kecamatan Punung
TP PKK Kecamatan Arjosari
TP PKK Kecamatan Nawangan
TP PKK Kecamatan Bandar
TP PKK Kecamatan Tegalombo
TP PKK Kecamatan Tulakan
TP PKK Kecamatan Ngadirojo
TP PKK Kecamatan Sudimoro
Informasi

BERITA
GERAKAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN

HIDUP SEHAT SEJAK DINI CUCI TANGAN PAKAI SABUN YUKK……………………………………..
Ratusan orang memadati Balai Desa Sukoharjo Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan pada tanggal 20 April 1012, saat itu tengah berlangsung kegiatan Posyandu lansia, yang dimotori oleh ibu – ibu Tim Penggerak PKK Desa setempat dan dibantu oleh kader posyandu dan dibina oleh TP. PKK Kabupaten dan petugas kesehatan.

Kegiatan posyandu lansia itu sendiri sebetulnya sudah rutin dilaksanakan setiap bulannya, ……. Akan tetapi pada kesempatan ini menjadi istimewa karena berbagai kegiatan inovasi digelar, diantaranya senam lansia, penyuluhan kesehatan, demo Cuci Tangan Pakai Sabun yang pada kali ini, dihadiri oleh Bupati Pacitan beserta jajaran SKPD serta ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten dan pengurusnya.

Yang terpenting pada kegiatan ini adalah pesan Cuci Tangan Pakai Sabun, mengingat perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun merupakan salah satu wujud peran dari para lansia yang tergabung dalam posyandu lansia pada khususnya dan TP. PKK di desa Sukoharjo pada umumnya untuk ikut serta dalam mendukung pemerintah menurunkan angka kematian dan kesakitan anak balita karena diare, peneumonia dan penyakit menular lainnya., mengingat para ibu yang memiliki balita atau para pengasuh pengganti ibu misalnya nenek, atau pembantu, anak sekolah atau ayah merupakan kelompok sekunder yang tidak kalah pentingnya dalam keberhasilan penyampaian pesan Cuci Tangan Pakai Sabun.

Sebagai gambaran tingkat kematian dan kesakitan akibat penyakit - penyakit yang berkaitan dengan air, sanitasi dan perilaku hidup bersih dan sehat seperti rendahnya kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun menjadi sangat penting artinya. Kenyataan saat ini secara umum masyarakat belum memahami perilaku sehat Cuci Tangan Pakai Sabun untuk mencegah penyebaran penyakit – penyakit menular dalam kehidupan sehari – hari. Perlu diketahui bahwa penyakit diare dan Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) merupakan salah satu penyebab kematian anak di negara – negara berkembang dan tangan merupakan pembawa utama kuman penyakit dan praktek Cuci Tangan Pakai Sabun dapat mencegah kematian karena penyakit diatas. Kebiasan Cuci Tangan Pakai Sabun hendaknya dilakukan setelah ke jamban atau menceboki anak, sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan atau memberi makan anak .

Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun merupakan cara efektif untuk upaya kesehatan preventif, oleh karenanya kegiatan dari warga posyandu lansia di desa Sukoharjo yang didukung oleh Tim Penggerak PKK menjadi penting artinya dan patut kita hargai untuk selanjutnya dilestarikan, sehingga perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun wajib dilakukan dan diharapkan menjadi suatu kebiasaan ( Ratna, pokja IV Kab. Pacitan )

Back
Current Time : 13:39:35
 
 
Cari Berita
Polling
Apakah program PKK Pacitan bermanfaat bagi masyarakat?
Sangat

Cukup

Kurang

Jumlah Responden : 133

Galery Photo

Kalender
Rabu, 3 Sept 2014
M S S R K J S
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30
©Copyright 2011 Pemberdayaan dan Kesejahteraan Rakyat Kab. Pacitan All Rights Reserved
For more information please Contact Us